Batik Banyuwangi di Indonesia Fashion Week

21.54

Indonesia adalah negara yang kaya akan desain batik lokal, hampir tiap daerah di Indonesia memiliki chiri khas dalam desain batik sendiri-sendiri. Termasuk Banyuwangi yang terkenal dengan corak batik Gajah Oling.

Gajah Oling memang bentuk dasar batik Banyuwangi. Pada kain batik produksi kota ini, selalu ada gambar gajah Oling. Dari asal katanya, kata itu merupakan gabungan kata dari gajah, dan Oling, yaitu sejenis ular yang hidup di air (semacam belut).

Ciri itu berbentuk seperti tanda tanya, yang secara filosofis merupakan bentuk belalai gajah dan sekaligus bentuk uling. Di samping unsur utama itu, karakter batik tersebut juga dikelilingi sejumlah atribut lain. Di antaranya, kupu-kupu, suluran (semacam tumbuhan laut), dan manggar (bunga pinang atau bunga kelapa). Dari arti katanya, gajah yang merupakan hewan bertubuh besar, berarti mahabesar. Sedangkan Oling berarti eling, atau ingat. Jadi, gajah uling ini mengajak kita untuk selalu ingat kepada yang mahabesar, kepada Tuhan.

Batik Banyuwangi IFW 2015


Pada gelaran Indonesia Fashion Week yang digelar di Jakarta 28 Februari 2015 lalu, salah satu perancang ternama Indonesia yaitu Priscilla Saputro menggunakan beragam corak, motif, dan warna untuk desain rancangannya. Rancangan busananya yang bertajuk 'Novum Etno: Colorful Banyuwangi', Priscilla sendiri ingin menggambarkan bagaimana kehidupan masyarakat Banyuwangi yang kini sudah mulai maju dari sebelumnya.

Para penonton IFW 2015 sore itu memang dimanjakan oleh keindahan dari kain khas Banyuwangi. Warna-warni yang cerah dan menyejukkan hati dihadirkan seperti oranye, pink, biru, hijau, kuning, aneka warna lainnya.

Mungkin Anda Juga Menyukai Ini

1 komentar

travel Banyuwangi
paket wisata banyuwangi