Pawai Ta'aruf MTQ Jatim 2015 Berlangsung Meriah

21.50

Banyuwangi Explore - Sepanjang jalan protokol kota Banyuwangi di penuhi ribuan warga yang antusias menyaksikan Pawai Ta'aruf MTQ Jatim 2015. Pawai yang diikuti oleh 38 kabupaten/kota Se Jawa Timur itu berlangsung meriah.

Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Timur Akhmad Sukardi mengatakan di dalam setiap penyelenggaraan MTQ tingkat provinsi selalu disemarakkan dengan pawai taaruf sebagai ajang pengenalan diri sekaligus pelestarian seni dan budaya daerah yang bernapaskan Islami.
"Ini sebagai wujud ekspresi suka cita MTQ. Kami harapkan momentum ini bisa terus menumbuhkan persaudaraan serta menyebarkan Islam yang aman dan damai serta menjunjung tinggi sikap menghormati terhadap agama lain," kata Sukardi.


 Semua defile yang tampil dalam pawai ini tampak menyuguhkan kemegahan yang mencirikan kekhasan masing-masing daerah. Seperti Kabupaten Tuban yang merupakan kabupaten dengan julukan bumi para wali menampilan tarian para sufi yang ditampilkan sangat manis. Di belakangnya ada replika perahu layar cukup besar dengan mengusung slogan Tuban Bumi Wali Spirit of Harmony. Begitu juga Kota Probolinggo, menampilkan replika masjid bernuansa ungu dan diberi ornamen Al-Qur'an raksasa yang sangat megah dan besar. Kota penghasil anggur dan mangga ini mendapat aplaus banyak dari para penonton.

Sementara Kota Pahlawan, Surabaya menampilkan miniatur Masjid Ampel dengan ornamen bedug dan Al-Quran yang megah. Tak mau kalah dengan Surabaya, Kabupaten Bangkalan juga mengusung sebuah replika masjid. Bedanya masjid Bangkalan ini disambung Jembatan Suramadu raksasa.
Sebagai tuan rumah, Banyuwangi menjadi pembuka pawai dengan mengusung sejumlah atraksi, di antaranya tarian yang mengisahkan penyebaran agama Islam ke Banyuwangi.

Turut hadir menyaksikan pawai tersebut antara lain Wakil Bupati Sampang, Bupati Blitar, Sumenep, Tuban, Pasuruan, dan Trenggalek. Hadir pula Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Agama Jawa Timur Mahfud Shodar.

Pembukaan MTQ Jatim 2015 sendiri rencananya akan dilaksanakan pada tanggal 25 Mei 2015, yang akan berpusat di Taman Blambangan Banyuwangi dan akan dibuka langsung oleh Gubernur Jawa Timur Bpk. Soekarwo.

Mungkin Anda Juga Menyukai Ini

0 komentar

travel Banyuwangi
paket wisata banyuwangi